Tuesday, July 29, 2008

Art Gish di Indonesia 4: Keliling Jakarta, Jogja dan Bandung

Reporter: Chozin

Sementara kegiatan Permias di Athens sedang sepi karena liburan summer, kegiatan alumni OU yang di Indonesia justru sedang rame-ramenya. Saat ini (21-31 Juli), para alumni OU yang baru datang ke Indonesia disibukkan kegiatan penyambutan kedatangan Art Gish di Indonesia. Sebagaimana yang sudah diposting dalam milis alumni OU, Universitas Paramadina dan Penerbit Mizan secara khusus Art Gish ke Indonesia untuk menjadi pembicara dalam beberapa diskusi yang bertemakan perdamaian. Diskusi-diskusi tersebut diselenggarakan dalam ragka peluncuran buku Art yang berjudul “Hebron Journal”. Buku yang berisi pengalaman Art Gish dalam misi-misi perdamaiannya di Palestina tersebut di diterbitkan oleh Penerbit Mizan dalam bahasa Indonesia.

Rangkaian acara diskusi tersebut diselenggarakan dalam tiga kota yaitu: Jakarta, Yogyakarta, dan Bandung. Di Jakarta acara diskusi secara berantai diselenggarakan di Universitas Paramadina, cafe buku MP Bookpoint milik Mizan, dan studio televisi Channel One. Selain itu, Art juga sempat diwawancarai oleh beberapa media besar seperti Kompas dan Republika.

Di Yogyakarta, rangkaian diskusi bersama Art Gish diselenggarakan di Program Pasca Sarjana UGM, Penerbit LKiS, Ponpes Mlangi, dan Auditorium Fakultas Filsafat UGM. Terlihat beberapa alumni OU yang tinggal di Yogya seperti Elis Anis dan Chozin terlibat dalam arrangement perjalanan Art di Yogya. Selain menyempatkan diri mengunjungi Borobudur, Art juga menyempatkan diri untuk dinner bersama di rumah Elis dan kemudian menginap di rumahnya Chozin.

Di Bandung, Art di sambut oleh orang-orang dari group penerbit Mizan. Beberapa forum diskusi di bandungpun diselenggarakan, diantaranya di sekitar masjid Salman. Di kota inilah Art mendapatkan kenang-kenangan paling mengesankan dari para aktivis berupa kaos bergambarkan dirinya yang sedang menghadang tank dengan tulisan di bawahnya “LOVE against Machinary GUN”.

Selesai melakukan perjalanan dari Bandung, hari ini (29/7) Art kembali ke Jakarta untuk selanjutnya akan kembali ke AS hari Kamis (31/7). Selesai diskusi di MP Bookpoint, Art disambut oleh beberapa alumni OU dalam sebuah acara makan malam bersama di sebuah restoran khas Jawa Barat. Nampak hadir beberapa alumni OU diantaranya: Putut Widjanarko, Rudi Iskandar, Esky Suyanto (bersama suami), Pak Ganda Upaya, M Chozin, Sandra Nahdar, dan Sri Murniati (Unie).

No comments: