Sunday, July 27, 2008

Dua Mahasiswi OU Belajar Bahasa di Salatiga, Indonesia

Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, setiap summer beberapa mahasiswa Amerika yang kuliah di OU tinggal di Indonesia untuk belajar bahasa Indonesia. Mereka biasanya di sponsori oleh The Consortium for the Teaching of Indonesian and Malay (COTIM) (http://www.ohiou.edu/COTIM/) atau Yayasan USINDO (Yayasan US-Indonesian Society) (http://www.usindo.org/).

Summer tahun 2008 ini, dua orang mahasiswa OU yang beruntung dapat beasiswa COTIM ke Indonesia adalah Molly Roth dan Katherine Shaw. Bersama 10 orang mahasiswa Amerika dari kampus lainnya, mereka mengikuti kelas-kelas intensif bahasa Indonesia di Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) di Salatiga, Jawa Tengah sampai tanggal 15 Agustus 2008.

Di Salatiga, Molly (mahasiswa S1 OU jurusan International Studies) mengambil kelas Advanced Indonesia, sementara Kat (S1 OU jurusan Anthropology) mengambil Elementary Indonesia. Meskipun sempat mengalami beberapa kali shock culture, kedua mahasiswi tersebut nampak enjoy sekolah di UKSW.

Selain mengikuti kelas-kelas, mereka juga menyempatkan diri jalan-jalan ke kota lain, diantaranya Yogyakarta, yang hanya berjara 3 jam dari Salatiga. Di Yogyakarta mereka menginap di rumahnya Chozin. Selama lima hari (14-18 Juli) mereka mengunjungi dan bertemu dengan tokoh-tokoh LSM perempuan dan lingkungan hidup di Yogya. Wawancara-wawancara terebut merupakan bagian dari tugas untuk membuat tulisan akhir. Pada penutupan kelas nanti bulan Agustus nanti, mereka harus menyerahkan tulisan dalam bahasa Indonesia sepanjang 10 halaman. Nah looo....!

No comments: