Saturday, October 13, 2007

Lebaran di Negeri Orang

13 Oktober, 2007
Merayakan lebaran jauh dari negeri orang dan jauh dari keluarga tentunya akan menggoreskan kenangan tersendiri bagi para pelakunya. Hal itulah yang dialami oleh para mahasiswa Indonesia di Ohio University, mereka merayakan lebaran di Islamic Center of Athens bersama para muslim yang lain yang rata-rata juga pendatang.

Hari ini, Sabtu 13 Oktober 2007, sholat Iedul fitri dilaksanakan mulai pukul 8.20 pagi dengan dihadiri oleh sekitar 70 orang.
Sebagaimana di Indonesia pada umumnya, selesai sholat diadakan acara makan pagi bersama. Para jama'ah yang datng dengan membawa makanan masing-masing nampak sekali menikmati suasana Iedul Fitri kali ini, meskipun tanpa diiringi suara takbir dan bunyi petasan sebagaimana di Indonesia. Di luar gedung Islamic Center tak ada sama sekali tanda-tanda perayaan hari raya terbesar bagi umat Islam itu.

Selesai sholat di IC, seperti biasanya, para warga Indonesia yang di Athens berkumpul di rumah Pak Yojo sebagai sesepuhnya keluarga Indonesia di Athens. Acara kumpul-kumpul ini cukup meriah karena di ramaikan dengan banyaknya mahasiswa baru yang pintar menyayi sambil makan ketupan. Ya,...ketupatlah yang bisa mengobati kerinduan keopada tanah air dalam suasan lebaran ini. chz

Link to other photos:

http://www.flickr.com/photos/sandranahdar/sets/72157602425 958733/

No comments: