Friday, October 05, 2007

Candelight Vigil for Burmese

Athens, Kamis, October 4, 2007
Sebagai simpati atas jatuhnya korban jiwa dalam kekerasan negara terhadap para pendeta Buddha di Burma, beberapa mahasiswa Ohio University (OU) yang dikoordinasi oleh Internationa Student Union (ISU) menyelenggarakan acara Candelight Vigil for Burmese.

Acara yang diselenggarakan di pelataran halaman OU itu mengundang banyak simpati mahasiswa. Dengan memakai baju merah sebagai simbol para biarawan Buddha, para mahasiswa masing-masing memgang lilin dan membentuk lingkaran. Acara di mulai pukul 9 malam waktu setempat dengan pengantar kata pembuka oleh Lauri Hlavacs, mahasiswa jurusan Studi Asia Tenggara.

Dalam sambutanya, Lauri, yang juga bisa berbahasa Indonesia itu menyampaikan bahwa kekerasan di Burma adalah sebuah bentuk dari sebuah kekerasan negara militer atas rakyatnya. "Bagaimana mungkin para tentara itu memukuli para pendeta buddha yang anti kekerasan itu", imbuhnya. Oleh karena itu, dia mengajak para mahasiswa di OU untuk menunjukkan solidaritasnya dengan menyalaan lilin selama satu jam.

Acara kemudian dilanjutkan dengan orasi oleh peserta lainnya mengenai komentar dan simpati mereka atas kasus kekerasana yang diderita oleh rakyat Burma selama ini. Acara di tutup dengan menghenngkan cipta selama dua menit. chz

link ke foto-foto acara:

http://www.flickr. com/photos/ sandranahdar/ sets/72157602274 756980/

No comments: