Wednesday, October 03, 2007

Demo Anti Komersialisasi Pendidikan-pun Ada di AS

Kita tentu sangat jarang sekali mendengar adanya berita mengenai demonstrasi mahasiswa di AS. Mungkin karena demo tersebut tidak menarik media untuk meliputnya, atau memang medianya sendiri yang tidak mau meliput.

Tapi, siapa bilang di AS mahasiswa tidak bisa demonstrasi? Buktinya beberapa hari yang lalu, tepatnya hari Jum'at (28/09/07) ada sebuah demonstrasi yang lumayan besar di kampusku, Ohio University.

Menariknya, demontrasi tersebut juga mengusung isu yang hampir sama dengan isu yang sekarang hangat di kampus-kampus di Indonesia, yaitu BHP.

Sekitar limapuluhan demonstran yang terdiri dari para mahasiswa dan sejumlah karyawan di Ohio University itu menentang pihak Universitas yang menerapkan model manajemen seperti perusahaan (profit oriented).

Sepanjang longmarch dari pintu masuk universitas menuju kantor president universitas (kantor rektorat), Mereka meneriakkan yel-yel "Student sold for profit,....! we are not be robbed by corporations. Its Bullshit...!!!" (Ingat..! Mahasiswa telah dijual....! Tentu kami tak rela dirampok oleh para pengusaha. Itu bullshit...!).

Selain mengusung isu utama berupa penolakan terhadap model manajemen 'korporasi' kampus, demonstrasi yang di inisiasi oleh Student for a Democratics Society (SDS) itu juga menolak pemecatan yang dilakukan oleh pihak kampus terhadap 24 karyawan lama bulan lalu dan maraknya kembali isu rasial terhadap warga bukan kulit putih.

SDS adalah sebuah organisasi mahasiswa antar kampus yang selalu kritis terhadap kapitalisme dan anti-Bush Administration. Jika ingin korespondensi dengan salah satu aktivisnya bisa via email: wk938905@ohio.edu (Will Klatt).

Source: http://www.hminews.com/index.php?action=news.detail&id_news=739

1 comment:

Anonymous said...

Aksi tersebut juga didukung oleh 24 professor, dan dua diantaranya adalah professor Indonesianist: Gene Ammarell dan Elizabeth Collins.