Friday, October 05, 2007

Banyak Jalan Menuju Ohio Uiversity

Dulu, bahkan hingga lulus kuliah dari UIN Jakarta, aku sering menganggap kalau keinginan sekolah ke luar negeri hanya mimpi di siang bolong alias mustahil. Bagaimana tidak? Lha, aku cuma orang kampung, cah ndeso katro (Tukul, 2006), yang ngerasa sudah sangat beruntung bisa menyelesaikan kuliah, meski cuma di UIN alias IAIN (anak IAIN jangan kesinggung yah). Sebagai orang kampung, lulusan IAIN lagi, kayaknya susah untuk bisa dapat TOEFL 550, padahal banyak orang itu syarat utama sekolah di luar negeri. Tapi, meski merasa itu keinginan mustahil, aku selalu menyimpan mimpi itu. Dan akhirnya, jadi kenyataan juga. Aku merasa ini pelajaran sangat berharga, bahwa keinginan adalah modal paling penting untuk bisa kuliah di luar negeri. Keinginan yang mengawali langkah orang kampung bisa sampai di Ohio University (OU).
Setelah keinginan itu terus dipupuk, suatu saat aku dapat informasi berharga tentang program beasiswa yang memungkinkan orang kampung, yang cuma tahu “silent please doing”, bisa juga sekolah ke luar negeri. Soalnya kalau dapat beasiswa ini, kita bakal dikursusin bahasa Inggris dulu selama 6 bulan. Mmmm sounds really good. Itulah beasiswa IFP Ford yang di Indonesia dikelola oleh IIEF. Ini websitenya
www.iief.or.id/ifp. Dengan modal nekat plus keinginan yang gak pernah padam khas pejuang kampung, Alhamdulillah, akhirnya aku berhasil dapat beasiswa ini. Dan setelah 6 bulan digenjot di PPB UI biar bisa bahasa Inggris agak mendingan, akhirnya sampai juga ke tanah Athens, di kampus OU. Dan, aku datang gak sendirian, tapi sama Chozin, Sandra dan Il, semuanya orang kampung lho.
Lain lagi cerita Maru sama Nelly. Mereka bisa kuliah di OU, dua-duanya di Lingustics, dengan cara ngajar Bahasa Indonesia (tentu bahasa Indonesia yang baik dan benar). Dalam hal ini, mereka dapat beasiswa dari Ohio University langsung. Mereka dapat tuition waver (gratis kuliah) terus dapat stipend (gaji) sebagai refleksi keringat yang bercucuran karena ngajarin Bahasa Indonesia. Khusus buat Maru, kampus tempat dia ngajar di Bandung, Universitas Maranatha, kebetulan kerjasama dengan OU. Nah yang perlu diketahui, banyak kampus di Amerika, salah satunya OU, yang nyedian beasiswa seperti itu: mahasiswa harus kerja, apa aja, ada yang jadi asisten peneliti, instruktur bahasa, pegawai perpustakaan, dll. Imbalannya, mereka gratis sekolah dan dapat gaji. Gampang kan? Beasiswa seperti ini emang menuntut kita lebih aktif ngontak profesor dan tentu ngontaknya harus meyakinkan. Profesor-profesor di sini asyik-asyik kok, mereka sangat helpful, gak sok profesor, gak sok sibuk juga. Cara nyari profesor? Rajin-rajin buka website universitas, terus jelajahi semua bagian, terutama bagian akademik, di situ tersedia semua informasi tentang faculty member, direktori para profesor itu. Mau nyoba, klik
http://www.ohio.edu/departments/depts.cfm.
Cara lain, meski agak susah, soalnya cara ini nuntut kemampuan lebih, khususnya kemampuan bahasa Inggris yang sudah OK, yaitu ikut nyoba daftar program Fulbright. Sekarang ini, kita punya tiga fulbrighters, yaitu Unie, Eka, dan Karmila. Beaiswa ini sangat populer. Jadi, pasti udah pada tahu dong yah? Tinggal nyoba nyoba dan nyoba yah. Tapi kalau masih belum tahu, bisa mulai cari tahu lewat website Aminef:
http://www.aminef.or.id/noflash/home.htm.
Oh iya, coba juga cari tahu dan cari informasi di departemen-departemen. Hasil klompencapir dengan oetoesan dari Departemen Pendidikan beberapa waktu lalu, pemerintah Indonesia, lewat berbagai departemen, banyak menyediakan beasiswa untuk sekolah ke luar negeri. Kebetulan, Fall 2007 ini, kampus OU dan Permias OU banyak kedatangan teman-teman baru yang dapat beasiswa dari program yang disediakan departemen itu. Ada Arin, Ita, EFKA, Dana, Brian, Gugun, Tsui, Niken, Tiwi, sama Citra yang dapat BEASISWA UNGGULAN. KUncinya, jangan malu-malu untuk cari informasi seperti ini. Catatannya, beasiswa yang disediakan departemen biasanya dikhususkan buat para pegawai negeri atau pegawai non negeri yang punya afiliasi ke departemen tersebut. Tapi untuk pastinya, bisa cari tahu langsung. Bisa mulai browsing lewat website departemen-departemen terkait, seperti Deplu, Depdiknas, Depag (ini buat yang mau ke Arab, bukan ke OU hii), dll.
Terakhir, tentu lewat biaya sendiri. Ini buat yang mampu. Tapi jangan khawatir, pendidikan adalah investasi. Bayar hari ini, dibayar kemudian. Betul kan?
Begitualh, banyak cara menuju Athens, banyak jalan menuju kampus OU. Selamat mencoba....

7 comments:

Anonymous said...

terima kasih bgt infonya.
aku juga dr kampung dengan toefl yang pas-pasan bgt, apalagi ekonomi.
aku sgt berminat melanjutkan S2 di luar, udah banyak buka situs yang memberikan beasiswa seperti DAAD ke Jerman, etc. tapi karena english yang belum OK jadinya KO duluan, habisnya ga ngerti info2nya cause dlm english semua. saat ini aku mash penelitian untuk skripsi, aku masih berstatus mahasiswa. penelitian aku saat ini mengenai potret kehidupaaaan kelam masyarakat nelayan pantai padang (sumatera barat) di lihat dari sisi ekonomi dan lingkungan.
aku bersyukur bgt mengetahui situs IIEF. terima kasih banyak ya..
aku butuh info untuk langkah2 tes mendapatkan beasiswa IIEF. kalau kamu ada waktu tlg di bls ke e-mail aku, niafrihana08@gmail.com
aku tunggu balasannya. thank's.

Anonymous said...

It proteсts muсous mеmbrаneѕ, soοthѕ irritаted digestive tracts аnd гeѕtoreѕ moistuгe to dry
tіssues. Cellulite dimples сan be displayed out оf no-whеre, and wіll affеct
аny part of one's body. Be mindful of their risks first prior to going on one and in addition make sure that you consider the necessary precautions.

My web page job opportunities for Exercise science degree

Anonymous said...

Κrating Daeng was widеly pоpular acгoss
Αsіa in the 70ies and 80iеs,
among truck driνerѕ, constгuction wοrkeгs and blue collar ωorkers.
Half ωay through the top nine, Ellen challenged Carrіe to саll the idol's she'ԁ neglеcted, аnd he
or she was thοroughly embarraѕsed you should definitely a single nаme found mind.
Bruіsing and bloating will not likely liκely
cause virtually any massіve ԁifficulties later οn assoсiated ωith they're going to abate within per month or possibly even longer.

Here is my web blog ... Travel To Thailand In 2013

Anonymous said...

A gооd mаrκеtable ѵoiсe is
vital, аlthough not еnοugh.
In your small business, thiѕ cοuld рοssibly
bе уоur еmρloyees, in a hоme busineѕs, this coulԁ be someоne you interаct ωith onlіnе who
аlѕo offеrs а desire tо incrеaѕe her
or his accountabilitу. Ηaνіng the correct credеntials will imрrovе your work аt home businеss's chances at success.

Also visit my blog post: how to work from home

Anonymous said...

I am сurious to fіnd out what blog ѕystem you are
utіlizing? I'm experiencing some small security problems with my latest site and I'd like to fіnd something more
secure. Do yоu have аny recommendatіοns?


Revіew my blog post hospitality management York University

Anonymous said...

It prοviԁes quick creation аnd distribution
of quality еxport, сustoms anԁ shipping documents.
Florida Tеch's Daniela Iacobelli won the National NCAA Division II Woman'ѕ
Golf Chаmpionѕhip in 2007. It remains better
to hire a recommended logistiсs company to avοid аny
embаrrassments.

Here іs my ωeblog - what jobs can i get with a logistics management degree

Anonymous said...

Hi to all, the contents ехistіng
at thiѕ webѕіtе aге really
awesome for people еxperience, ωеll,
keеp up the nice wοгk fеllοωs.


Also visit my web site third-degree aggravated unlicensed operation of a motor vehicle