Sunday, March 02, 2008

Final Indonesian Badminton Tournament 2008


Akhirnya, setelah melewati perjalanan panjang yang penuh halangan dan rintangan, para perempat finalis single dan semifinalis double Indonesian Badminton Tournament 2008 (IBT-2008) melanjutkan aksinya untuk menjadi yang terbaik dalam dunia perbulutangkisan se-Athens.

Pada pertandingan perempat final single muncul nama-nama baru yang meramaikan perbulutangkisan kota Athens. Sebut saja Valhan, pendatang baru Permias ini mampu mengalahkan Farid, salah seorang pemain senior dalam perbulutangkisan Athens, untuk melaju ke semifinal. Kejutan lainnya datang dari Dana. Pemain yang tidak diunggulkan ini mampu mengalahkan Il Sangaji, salah satu pemain bulutangkis veteran yang juga merupakan finalis tahun lalu. Dana, tanpa perlawanan yang berarti dari Il Sangaji, mampu melaju kesemifinal. Dua orang semifinalis lainnya adalah Peter yang mengalahkan pemain muda Denmark Troels Nielsen, dan Anton yang langsung melaju ke semifinal tanpa bertanding karena Tiwi telah mundur sebelum bertanding.

Seperti telah diprediksi sebelumnya, Anton dan Peter melaju ke final. Anton berhasil mengalahkan Valhan dua set langsung. Valhan, yang sedang dalam kondisi terbaiknya, pada awal-awal pertandingan mampu melayani permainan Anton. Namun, kondisi fisik dan pengalaman juga yang akhirnya berbicara. Anton berhasil mengalahkan Valhan. Di pertandingan semifinal lainnya, Peter yang telah banyak makan asam garam di dunia perbulutangkisan Athens mampu mengalahkan Dana dengan skor yang cukup telak.

Difinal, Anton berhasil mengalahkan Peter dan mempertahankan gelar juara single dari tahun lalu (ya iyalah....dia yang paling jago.......). Peter yang rencananya akan mundur dari dunia perbulutangkisan Athens karena tahun ini merupakan tahun terakhir dia di Athens, merasa sangat senang karena mampu melaju hingga final, walaupun ia belum dapat mengalahkan Anton.

Pada semifinal double, pertandingan antara Il/Tapos melawan Anton/Michael merupakan pertandingan yang sangat "rame". Rame, karena selama pertandingan kedua tim terus saling ejek untuk menjatuhkan mental lawannya. Pertandingan yang diwasiti oleh Gugun ini akhirnya dimenangkan oleh pasangan Il/Tapos. Pada pertandingan lainnya antara pasangan Valhan/Brian dan Peter/Fuh, pertandingan berjalan cukup ketat. Namun, pasangan Valhan/Brian belum mampu mengalahkan pasangan Peter/Fuh.

Difinal, Peter/Fuh berhadapan dengan pasangan Il/Tapos. Awalnya pertandingan berjalan cukup ketat, namun Fuh sering kali membuat kesalahan yang merugikan timnya. Karena sistem yang digunakan adalah rally point, maka setiap kesalahan yang dilakukan oleh pemain menjadi keuntungan (point) bagi lawannya. Akibatnya, pasangan Il/Tapos keluar sebagai juara untuk kategori double.
Pada tournament kali ini Peter menyabet dua gelar sekaligus, runner-up single dan double.

Tournament ditutup oleh pembagian "piala" dan hadiah yang diserahkan oleh Ibu Presiden Permias, Ketua Pelaksana IBT 2008, dan Koorlap IBT 2008 dan ditutup dengan foto bersama.

No comments: