Wednesday, June 25, 2008

Photography Workshop I

reported by gugun

Kamera bukan segalanya. Jangan merasa rendah diri karena mengambil foto menggunakan pocket camera. Pocket camera juga dapat menghasilkan foto yang sangat indah, asalkan kita mengenal kamera kita dan mempunyai sense untuk mendapatkan foto terbaik.

Kalimat itulah yang sering diucapkan oleh Dr. Adrian Budiman (Mas Adrian) dan Sandra Nahdar, MAIA (Sandra) ketika memberikan materi pada Photography Workshop I yang telah dilaksanakan pada hari Senin, 23 Juni 2008 bertempat di Rollins Room, Alden Library. Workshop terdiri atas tiga sesi, yaitu materi, praktek, dan komentar atas foto-foto yang diambil.

Mas Adrian mengatakan bahwa ada lima hal terpenting dalam fotografi:
1. Composition, yang terdiri atas, Rules of Third dan Guiding Line.
2. Background
3. Cahaya
4. Aperture/Bukaan
5. Kecepatan Shutter

Setelah kurang lebih diberikan materi, peserta workshop diberi kesempatan untuk mempraktikkan teori yang telah didapat. Peserta diberi tugas untuk mengambil obyek manusia tanpa harus berpose.

Kembali ke Rollins Room, peserta diminta untuk menunjukkan foto-foto yang telah diambil. Mas Adrian dan Sandra juga temen-temen peserta workshop memberikan komentar atas foto-foto tersebut. Mas Adrian juga memberikan tips bagaimana agar foto tersebut menjadi lebih baik. Mas Adrian juga memberikan tugas (PR) bagi peserta workshop untuk mengambil foto benda-benda yang biasa digunakan sehari-hari di apartment masing-masing. Foto tersebut akan diupload di group fotografi workshop Permias. Bagi temen-teman yang ingin bergabung, silahkan klik link di bawah ini:

http://www.flickr. com/groups/ 762512@N24/

Pukul 9.00 pm. acara workshop ditutup dengan foto bersama. Rencananya akan diadakan Photography Workshop II tentang proses editing foto.





2 comments:

Anonymous said...

Assalamu`alaikum
Salam kenal semuanya. Saya Mu`ti dari Bandung Jawa Barat. Alhamdulilah saya mendapat beasiswa shortcourse untuk 2 bulan belajar OPIE Ohio University. Boleh minta gambaran tentang dunia kampus OU dan biaya hidup di Ohio perbulannya gak?
Terimakasih
Wassalam

cool linguists said...

Untuk Mbak atau Mas Muti,

bisa kirim email ke permias-athens@yahoogroups.com

nanti akan ada yang merespon,


salam,
nelly