Tuesday, April 22, 2008

Saman Dance Troops 2008-ers in the first SEA Night Market 2008

Two Tales of Trilogy

Oleh "Winie" Pratiwi

foto by Cuong Nguyen

Bukan sulap, bukan sihir. The 1st SEA Night Market 2008 memiliki arti tersendiri bagi Saman Troop Dance 2008-ers – a red carpet for a debut performance. Dengan intensitas latihan seminggu sekali pada awal Maret 2008 dan kemudian meningkat menjadi 3 kali seminggu mulai awal April 2008 mampu menghadirkan hari-hari penuh cucuran keringat dan tak lupa pula sedikit kram di sana sini. It was all paid off! Tim Saman 2008 berhasil tampil mempesona pada SEA Night Market – sebuah event perdana yang diselenggarakan oleh Southeast Asian Students Association (SEASA), Ohio University. First time event for the first time showcase, Yes, there’s always the first for everything Nampaknya ungkapan tersebut sangat tepat menggambarkan betapa hari Sabtu, tanggal 19 April 2008 merupakan malam pertama dengan kesan pertama yang begitu menggoda, selanjutnya terlalu menggoda untuk tidak diungkapkan dengan sepatah dua patah kata.

The First Trilogy (the tent – the food – the dance)

The Tent
Adalah Fitria Kurniasih (FK) and our first lady, Arin dengan passion yang luar biasa mempersiapkan segala pernak-pernik yang dibutuhkan untuk mempercantik tenda Indonesia. Duo multitasker dengan managing skill dan event-organizing talent yang tidak diragukan lagi ini mampu bertahan sepanjang malam hingga fajar menyingsing (tanpa ditemani kokok ayam), bersatu bahu membahu menyingsingkan lengan baju menghasilkan kreasi yang mengagumkan – pernak pernik dekorasi, display dan instrument untuk lomba. Ditemani oleh duo jejaka penghuni 402, Brian dan Gugun, tak lupa pula penyebar semangat, Tsurroya dan kunjungan Merlita mampu mengalahkan segenap kelelahan yang tak henti-hentinya menghadang jalan. Class-project pun tak urung jadi kontribusi yang penting untuk menghidupkan atmosfer tenda Indonesia – Thanks to Merlita and her Flash project. The ball hadn’t finished rolling because the preparation had to be started earlier (like it or not). The preparation had been started from 10 am and nobody was thinking of even having a daydream or a wink of sleep, awesome!

The Food
Adalah pasukan Bodrex – Yuuuks, where there are excellent talents in cooking (expertise-nya tidak perlu dipertanyakan lagi) - Tsurroya, Mbak Lina, Mas Farid, Mbak Mila, Mbak Maru dan Irfan had blended in together, bahu membahu menyingsingkan lengan baju untuk mempersembahkan sebuah hidangan penuh warna nan istimewa: siomay with peanut sauce, accompanied by tofu, cabbage, egg, potato and hmm, honey bunny yummy…shrimp cracker alias kerupuk udang. You know what? Sambutan dari tamu-tamu yang datang pada malam itu beyond expectation. Antrian - ular naga panjangnya pun benar-benar membuat kewalahan tangan-tangan lincah para servers. Ssst,... ada yang confess lho kalau tangannya sampe gemetaran seperti resonansi petikan senar gitar. Frankly speaking, antrian Indonesian foodcourt-nya lebih panjaaaaang dan lamaaaaa dari foodcourt negara-negara tetangga. Bukan apa-apa, penulis pun sampai tidak mampu menembus antrian, alhasil akhirnya penulis pun lebih sukses line up di foodcourt milik negara-negara tetangga – Thailand, Vietnam, and Malaysia. Akhirnya ketahuan juga kalau penyebab antrian panjang foodcourt Indo itu antara lain karena ada yang nambah, waduh!

Ada bocoran (yang tidak serius lah tentunya) bahwa penyebab additional-portion demands ini tidak lain dan tidak bukan adalah kombinasi bulir-bulir keringat Mas Farid yang khabarnya bisa menciptakan DNA kegurihan yang tentunya gurih-gurih gimana gitu…. (pastinya enggak sengaja waktu jatuh ke adonan ya mas, eeuuw).

The Dance
Waduh! Kainku ketuker nih, musti cepet-cepet diganti karena kalo enggak, hokinya hilang! Well, itu masih sepenggal cerita pre-stagenya. Penggalan-penggalan lainnya antara lain termasuk ganti baju di ruangan yang notabene bukan buat ganti baju (untung engga ada yang intips yach), belum lagi nerveousness alias gemetaran luar-dalam, jauh-dekat (engga pake Rupiah) dan tak lupa pula, pasti selalu ada cerita barang jatuh dan atau terlepas. Saman Troopers generasi sebelumnya meninggalkan cerita sepatu lepas (hayooo siapa), Saman troopers generasi 2008-ers ini juga tak mau ketinggalan melepaskan sesuatu – kacamata (untung enggak pecah ya). Lebih heboh lagi, konon kabarnya sampai ada jari tangan yang tak sengaja menuju kearah mata one of the dancers waktu perform (nah lho). Pre-stage story ini ternyata merupakan resep sukses debut performance Saman Troopers generasi 2008-ers. Dua belas menit lebih audience terpaku dan terkagum-kagum, belum cukup sampai disitu saja, bahkan para toddlers pun tak mampu menahan gereget-nya untuk ikut mengucapkan komando “Hap” dari FK. Nah, Fitria Kurniasih alias FK ini ternyata mampu menyihir sang troopers dan the whole audience dengan alunan suara yang indah dan membahana. Fk pun mampu dengan lihainya melewati tingkat kesulitan menyanyi untuk tari Saman yang membutuhkan extreme speed-dynamic range – 15 km/jam sampai 100 km/jam (ini guesstimate aja loh) – above all, she is truly talented. Magnificent confession dari sang pendendang Saman adalah pada saat berdendang dengan speed 100 km/jam terasa mengalir seperti air – seolah bibir dan lidah bergerak dengan sendirinya tanpa komando, tanpa rasa haus (walaupun sebenarnya terasa juga hausnya setengah mati, ungkap sang pendendang). Yang tak kalah pentingnya, resep sukses dari debut ini adalah doa bersama sebelum dan sesudah perform, dengan diakhiri yel-yel “pasukan bodrex....yuuuuuks” sebagai penegasan setelah sama-sama saling meng-amin-i. Last but not least, entah mengapa setiap perpindahan segmen Saman, selalu diselingi dengan tepuk tangan yang membahana dari audience, sampai pada akhirnya, gemuruh riuh tepuk tangan-nya jadi serasa encore call.

The Second Trilogy (great event – great performance – great food)

The impression

“Duh, siapa sih namanya ya yang pakai beskap itu? (kemungkinan expression word yang dimaksud adalah cakap dan gagah). Ya, bahkan Angela Presidik pun dengan penuh kebanggan memakai beskap tak ketinggalan dengan blangkon-nya yang sukses menarik perhatian dan curiosity dari E-12 (bukan begitu?). Nah, yang perlu ditanyakan adalah mengapa Kak Chozin tidak memakai pakaian kebesaran lengkap alias beskap dan hanya memakai blangkon saja (tapi bukan karena beskapnya dipinjam Angela, kan?). Tapi tetaplah, kebersahajaan Kak Chozin tak mudah terlepas begitu saja walau tanpa beskap lengkap.

So to speak, everybody was having a grandeur time. Jangan salah, sandiwara wayang kulit pun menghiasi panggung dengan ditemani pandangan takjub para toddlers and younger kids yang secara serentak mendekati panggung demi menikmati sajian cerita yang ditampilkan (Angela bahkan main musik untuk backsound-nya lho). Stage collaboration pun menjadi bagian yang tak terpisahkan dari rundown acara malam itu demi terciptanya suatu harmoni in the neighborhood. Adalah Tsuroyya, Brian, Arin, dan Gugun yang berkolaborasi dengan Fon, Genny, Christine, Jhon dan Matt dalam sebuah sandiwara yang melibatkan karakter princesses (dengan selendangnya), hunters (dengan stik tongkatnya), dan prince (dengan blangkon-nya – lagi). Melengkapi selayang pandang SEASA, Vietnam dan Thailand pun menghadirkan stage performance yang mampu melengkapi element South East Asia. Overall impression yang didapat pada malam itu adalah tak lain dan tak bukan, another trilogy: great event, great performance, great food.


Video Saman Dance oleh Winie:

http://www.youtube.com/watch?v=S1CdbYqDpcU
Foto-fot acara oleh Cuong Nguyen: http://www.flickr.com/photos/bond159/sets/72157604650807457/with/2430256056/


12 comments:

farid muttaqin said...

Pokoke selamat buat semuanya, termasuk buat wini untuk videonya. Thanks juga buat wini atas pengakuan terhadap gurihnya cucuran keringatku. Now I know, I have the most gurih keringat in the world hiii.

IL Sangaji said...

Wah keren! Gak tahu apakah karena sajian tulisannya yang menarik ataukah memang acara benar2 super wah wah wah!!!
Satu lagi, great writing style Wini!

Timur Angin said...

Win,... aku cuma pake blangkon coz beskapku di pake ma bu president...

Waktu aku pake blangkon dengan penthol di belakang...aku nampak berwibawa....tapi waktu pentholnya kupindah ke depan...waw...semua cewek melihatku. Enggak tahu kenafa...?

kamu belum lihat aku pake blangkon yang pentolnya di taruh di depan khan? tanya tuh ma Nelly, Manda n mbak Lina

Anonymous said...

congrats yaa utk pasukan 2008
Permias OU megang banget dah!

salam kangen buat semuanya

Wini said...

Thanks semuanya.
Mas Farid, kegurihan keringatnya ga ada yang protes dan bahkan di-amin-i semuanya, jadi it should be given a credit he..he..

Mas IL, yang pasti, faktor acaranya kok yang memang wah, aku nulis berdasarkan ke-wah-an event-nya, mohon maaf klo agak "aneh", soalnya nulisnya ditengah2 tumpukan nulis paper and ngerjain project he..he..(mo sok jadi multitasker tapi ga kesampaian...ha..ha..memang bukan bakat LOL)

Mas Chozin, aku sempet loh liat pas blangkon-nya dipake dengan pentol didepan...tambah berwibawa, pokok'e depan belakang berwibawa deh, tak heran cewek2 menatap kagum :)...OOO jadi dipake Bu Pres, eh bukannya punya koleksi beskap lebih adri satu??? he..he

Mbak Anis, pasukan 2008 Permias OU memang megang banget....sampe sulit dilepas nih sampe sekarang...udah terlanjur kepegang kesan kuatnya sama OU Atheners and citizen around here he..he..
Terima kasih support dan doanya...salam kangen juga dari sini

Anonymous said...

People should read this.

Anonymous said...

Same moment installing funds happen to be a variety
of payday advances granted for the week time during unexpected emergency events.
Some people don’t demand all the proof of situations’ unexpected, niether they need surety, credit profile or
other things. You might approach a vacation, several significant buying or maybe covers your home
business costs – Same exact moment sequel fiscal loans can help
you in a occasions. At this time most of these mortgages are offered web based.


Feel free to surf to my weblog - pożyczka na dowód

Anonymous said...

Equal day time payment lending options usually are
a form of payday cash advances granted for the thirty
day period interval throughout crisis problems. That
they don’t need to have your proof of situations’ critical, nor they desire surety,
credit standing none other stuff. You can arrange if you want a, some
critical expenses or maybe even include your business costs – Very same day time sequel lending products can assist you
in any circumstances. Currently these kind of financial products are obtainable on the internet.



Feel free to visit my site :: pożyczka bez bik

Anonymous said...

Exact time of day fitting borrowing products happen to be a form of
payday cash loans made available for your calendar month interval
with urgent occasions. They will don’t demand the particular proof
situations’ crisis, nor they must be given surety, credit score
or other things. You may prepare a secondary, a lot of significant expenditures or include your corporation bills –
Exact same day installing personal loans will let you in different conditions.

Presently these kinds of lending options can be bought on the web.


Also visit my web-site pożyczki bez bik

Anonymous said...

Equal evening installment loans are a kind of online payday loans available in a four week period timeframe
on catastrophe predicaments. These don’t have to have the
proof of situations’ urgent situation, neither of the two
they require surety, credit report none other stuff.
You may arrange a vacation, some important buying or maybe include your company payments – Same day time installation fiscal loans will assist you to in any situations.
Currently these kinds of loans are accessible on the web.


Also visit my site - chwilówki

Anonymous said...

Рayday loan tend tο be eaѕy pгofit loans that exist оn brickѕ-and-mοгtar οrganіѕations, along thе lines of community payday loan vendorѕ, or peгhaps over thе іnternet.
Such іnstant, comfоrtable financial produсts normally beаr
a more еxpеnsiѵe apг as comраred with normal, ѕhort-term boгroωing ρroducts by
finаnсe institutions anԁ also crеdit scores unions.
Cгeаted tο guidаnce aѵеragе many реoрle ѕuch as you to earn
thе іtem сοming from incomе to mаκe sure yοu pаycheck, a majority
of these loans are actually supposed to fill а space thаt is
caused if yοu еxpeгienсe “too
a lot of four ωеeκs at the сonсlusion to your money”.


Whеnever you opt for a pаydaу lоan on
the internеt, you’ll gаin access to swift financіal reѕources whiсh usually direct уou towаrdѕ get togеther any а gοod number
of pressing debt, from the соmfort of thіѕ comfort and ease ρlus solitudе
for yourѕelf residential. That’s exactlу why numerous presеnt
day peοple arе ԁеcіding uрon to get іntо thе fundѕ they neeԁ using the ether, insteаd
of racing the асtual taгmac, іn sеагch of vегy affordable
and additіonally highly regarded pay day loan dealeгs іn their have
сommunіty.

Look at my blog; pozyczka pozabankowa

Anonymous said...

Being aωaгe оf the lenԁing companу a peгson ωork with designеԁ
foг ideal pаyday cash loаns
is definitеly a great idea. The hаrԁer youг pгoѕрectѕ dіscоѵеr inԁiviԁualѕ,
greater they may fill іn thе required forms to
οbtain income. Ηaving a grеаt manу lοan сompаnieѕ аround, you've gotten the options therefore it's good
to geneгаte a gгeat detегminаtion.

Seeking οut foг a loan ρroviԁer that has inсοme funds aided by the ρrеferred ρremiumѕ is essеntial.
All of us mаy apрear to generally be quiеtly about reduced coѕts comρагed to the variоus financial inѕtitutions apρгoxіmatеly Quarterlу
repοrt.

Most peoplе aгe known for guaranteeing you becоme thе beѕt quаlity gο through
аll the time yоu absоlutely nееd a few more сash.

We оffer paуdaу loans for іnԁividuals who inhabit Αustralia and adԁitionally
who definіtely havе іncome.
This ѕite offeгs gooԁ levelѕ οf pгofit to get thе funds
you may need in no timе in the ѕlightest degree.
Thіѕ ѕite offers poor cοnsumer credіt ratіng borroωing
prοducts so уou do not end uр being bothered thаt your partіcular creԁit standing isn’t ѕuρerior enough.


Duгing just a couрle of min's it will be easier to make sure you send in the application form. And also plan would be to allow that you implement with no any kind of troubles. We tend to question only a few issues plus utilize which will information to determine a eligibility. The sooner from the evening for you to get capital, the more rapid you can buy them permitted for everyone.

The procedure will require you right lodging any funds people settle for to your bank account. When you employ early in the day one can probably obtain that will funds the identical time. If you don't, any dollaгs will рrοbably bе accesѕible to yоu the νeгy next day.
We offer great rеpaymеnt ѕtірulatiοns and
wе will arгange it for thе money to hеlp emerge from the bаck acсounts on аuto-pilot.


Үou want you to ultimаtеlу find οut
an inԁіvіԁual аrеn’t оn theіr own if
уou ωant so that you сan access capital.
We have now fantastic сuѕtοmeг
satіsfaction ωhο proper carе.
You сan contaсt individualѕ throughοut chat with, mοbile ρhone, and also contact.
Aԁditionally communіcate with thesе indivіduals
anу time with the day time оr evenіng.
Manу of uѕ іn addіtion have
around the clock ρaуdаy loan handling.

Рrior tο ωhen you consider mоst benеficial onlіne payday lοans coming from anyωheгe else, you ought to
go аnd viѕіt cures usuаlly prονiԁe.

Ρeoρle are an idеal loсаtion to sеcurе pay
day lοans for vіrtuallу every criѕis
haѵe to have уou have. Preѕent an easy on the wеb аpp ѕo thаt you can оbtain funԁѕ lenԁing options befοгe
yοu exреct it. Don’t rеquest undesirable cгеԁit rating borrοωing prοducts elseωhere аnd also уou're spending money on excess amount.

Feel free to surf to my page ... firmy pozabankowe udzielajace pozyczek