Wednesday, November 28, 2007

OHIO University Observasi Kerjasama Dengan UPI

Written by Yulie Feizal, dari PMTK DIKNAS RI


Bandung (11/11/2007), Dua orang Profesor dari OHIO University Amerika meluangkan waktu untuk melakukan observasi perkembangan pendidikan di Indonesia khususnya yang terkait dengan pendidikan bagi guru. Didampingi oleh Ibu Esti Dinar Napitupulu dan Bapak Gogot Suharwoto (Ditjen PMPTK), Prof. Josep Rota dan Prof Sandra Turner bersama Bapak Harris Iskandar (Atase Pendidikan dan Kebudayaan) Washington DC menemui Rektor Universitas Pendidikan Indonesia di Bandung untuk melakukan pembicaraan awal guna menjalin kerjasama.

Diterima oleh Prof. Furqon, Ph. D (Direktur Pasca Sarjana UPI) dan Publik Relation UPI, Bapak Dadang di ruang kerjanya, membicarakan kemungkinan kolaborasi program master dan doktoral antara 2 universitas tersebut. Karena Ohio University sedang mencari Fakultas Ilmu Kependidikan dan Pusat-pusat Pelatihan Guru untuk mengembangkan program seperti kursus-kursus dengan melakukan kombinasi-kombinasi tatap muka sehingga mahasiswa tidak harus terbang ke Amerika. Bisa saja pada liburan musim panas para Profesor akan hadir melakukan tatap muka di Indonesia, khususnya bagi guru-guru SD agar tidak meninggalkan tugasnya.

Program lain yang dibicarakan adalah Pertukaran Tenaga Kependidikan dari OHIO University dengan Universitas Kependidikan di Indoensia (UPI). Para tenaga pengajar ini akan berpartner untuk mengembangkan strategi mengajar bersama dengan demikian akan ada pertukaran bahasa dan budaya antar keduanya yang akan memperkaya nilai pendidikan itu sendiri. Untuk itu memang dibutuhkan pusat-pusat pelatihan yang mau bekerjasama dengan OHIO University.

Sebagai salah satu perguruan tinggi ilmu kependidikan di Indonesia, UPI diharapkan dapat melakukan kerjasama bersama dengan LPTK – LPTK yang lain di Indoensia untuk segera melakukan kolaborasi program dengan OHIO University, dengan demikian para guru dapat menggunakan fasilitas tersebut untuk meningkatkan kompetensinya sesuai dengan aktifitas guru. (Penulis : Yulie Feizal/Setditjen)

Sumber: http://www.pmptk.net/index.php?option=com_content&task=view&id=360&Itemid=1

No comments: