Monday, August 18, 2008

17 Agustus-an


photo by: Firman Manan


Gema kemerdekaan tidak hanya terdengar di seluruh pelosok Negara Kesatuan Republik Indonesia. Gema kemerdekaan juga terdengar disalah satu kota kecil Athens, Ohio.
Tanggal 17 Agustus 2008 kemarin, Permias Athens mengadakan upacara bendera untuk memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia. Meskipun dengan sarana dan prasarana yang terbatas, namun hal itu tidak menyurutkan semangat patriotisme temen-teman Permias.

Selain dihadiri oleh teman-teman Permias, perayaan hari kemerdakaan RI yang ke-63 juga dihadiri oleh beberapa orang Indonesianis dan teman-teman dari negara tetangga.
Perayaan dimulai dengan opening ceremony yang dibuka oleh ketua panitia perayaan kemerdekaan RI dan sambutan dari Don Flornoy, mantan penasehat Permias.
Upacara dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, mengheningkan cipta, dan pembacaan doa.

Setelah upacara selesai, acara berlanjut pada pemotongan tumpeng sebagai tanda dimulainya makan siang. Berbagai hidangan khas Indonesia tersedia, seperti nasi kuning, ayam kalio, sambel goreng kentang, balado teri kacang, dan gado-gado. Ditambah lagi dengan sajian es buah menambah segar suasana.

Acara selanjutnya adalah permainan. Permainan yang dilombakan adalah permainan-permainan tradisional masyarakat Indonesia yang biasanya banyak di temui menjelang 17 Agustus. Berbagai permainan seperti balap kelereng, makan kerupuk, joget balon dangdut, dan sepak bola dangdut dilombakan untuk menghibur dan meramaikan suasana.

Setelah lomba selesai, acara diakhiri dengan foto bersama.



foto-foto dapat dilihat: http://www.flickr.com/photos/beam2/sets/72157606804108298/

No comments: